Sunday, 15 January 2017

KHASIAT KANGKUNG CEGAH PENYAKIT

Kangkung sayur universal. Tidak kira kemarau ataupun banjir, kangkung boleh hidup dengan subur. Hebatnya, kebaikan khasiat kangkung dapat cegah pelbagai jenis penyakit. Kos murah, tetapi khasiat, manfaat dan faedah besar. 

Kangkung boleh dimakan mentah sebagai ulam ataupun digoreng, dicelor, digulai dan apa-apa lagi. Kangkung memang elok ditanam sebagai satu sumber sayur-sayuran serbaguna. Sebab itu ada yang menggelarkan kangkung sebagai raja sayur-sayuran.

Kangkung adalah sayuran utama ketika Perang Dunia Kedua terutamanya di Negara Cina. Ketika itu bekalan makanan terputus. Kangkung adalah tanaman yang mudah tumbuh dan cepat dituai. Ia telah menyelamatkan ramai orang dari maut akibat kebuluran.

Kangkung adalah tumbuhan yang cepat tumbuh. Kangkung hanya mengambil masa 3-4 minggu untuk menjadi kangkung yang dapat dimanfaatkan serta dimakan oleh manusia. 

Bukan saja manusia, arnab serta kambing juga suka makan kangkung. Malah kangkung kerap dikaitkan dengan kura-kura yang menjadikan haiwan itu usia panjang.

Kangkung mempunyai daun licin berbentuk tirus seperti mata panah di hujung daun, sepanjang 10-12 cm, dan lebar 5-6 cm.

Terdapat juga jenis daun lebar dan daun tirus mengikut spesis sama ada kangkung darat ataupun kangkung air. Ia mempunyai batang menjalar dengan daun berselang dan batang menegak pada pangkal daun.

Selalunya kangkung mula menjalar sebulan selepas ia ditanam. Ini juga menjadi petanda masa sesuai untuk menuai kangkung iaitu sebelum ia menjalar.

Hampir keseluruhan tanaman muda boleh dimakan. Oleh kerana kangkung tua mempunyai serabut, kangkung pucuk muda adalah lebih digemari. Ia boleh dimakan mentah (seperti kerabu) atau dimasak seperti bayam. Kangkung sering digoreng. Rempah dicampurkan bagi menambah rasa yang hambar.

Antara masakan yang popular yang mengunakan kangkung adalah kangkung goreng belacan.

Tahukah anda kangkung dapat menyembuhkan buasir? Amalkan makan ulam kangkung dan anda pasti dapat merasakan perubahan.

Kangkung atau Ipomoea reptans terdiri dari dua varietas, yakni kangkung darat yang disebut kangkung cina dan kangkung air yang tumbuh secara alami di sawah, rawa, atau parit. 

Perbedaan antara kangkung darat dan kangkung air terletak pada warna bunga. Kangkung air berbunga putih kemerah-merahan, sedangkan kangkung darat berbunga putih bersih.


Perbedaan lainnya terletak pada bentuk daun dan batang. Kangkung air berbatang dan berdaun lebih besar dibandingkan kangkung darat. Warna batangnya juga bebeda. Kangkung air berbatang hijau, sedangkan kangkung darat berbatang putih kehijau-hijauan. 

Selain itu, kangkung darat lebih banyak bijinya daripada kangkung air. Itulah sebabnya kangkung darat diperbanyak lewat biji, sedangkan kangkung air diperbanyak dengan menggunakan stek pucuk batang.

Tanaman kangkung berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Burma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika. Kangkung banyak ditanam di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat.


Kangkung merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan memberikan hasil dalam waktu 4-6 minggu sejak dari benih.

Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan sitosterol.

Secara farmakologis, kangkung berperan sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, melancar kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), dan sedatif (ubat tidur). Beberapa manfaat lain dari tanaman kangkung ialah:

Mengurangi haid
Daun kangkung (kira-kira setengah kilogram) dicuci dan ditumbuk halus. Lalu tuangkan air setengah gelas. Kemudian saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari sekaligus.

Sakit kepala
Seikat daun kangkung segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Kemudian air hasil rebusan tersebut diminum.

Insomnia
Amalkan makan daun kangkung tanpa batang.

Sakit gigi
Segenggam akar kangkung ditambahkan setengah sendok teh cuka, kemudian direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.

Menghilangkan ketombe
Seikat daun kangkung direndam semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, ramas dengan air rendaman. Sebaiknya dilakukan setiap hari.

Sembelit dan mual pada ibu hamil
Ibu hamil dianjurkan untuk sering makan sayur kangkung.

Gusi bengkak
Akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan 200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan itu digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan hal tersebut berulang-ulang.

Kulit gatal
Daun kangkung segar dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya sekitar 5 minit. Setelah hangat, pakai untuk mencuci bagian yang sakit. Lakukan setiap hari.

No comments:

Post a Comment